Friday, 3 February 2017

13 Kesalahan Bahasa Tubuh Orang



Tanpa disadari, bahasa tubuh memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa gerakan tubuh sederhana dalam interaksi santai dengan orang asing hingga pertemuan formal dengan rekan kerja, bisa mengungkap siapa Anda sebenarnya.

Bagi orang-orang percaya diri dan sukses, bahasa tubuh yang positif cenderung sudah menjadi bagian dari mereka. Namun, barangkali tak sedikit dari Anda yang belum menyadari bahwa gestur-gestur di bawah ini sebaiknya dihindari:
Berikut adalah 13 kesalahan bahasa tubuh yang paling umum dilakukan oleh kebanyakan orang

1. Membungkuk adalah tanda tidak hormat. Ini menandakan bahwa anda bosan dan tidak punya keinginan untuk berada di tempat anda berada. Anda tidak akan pernah memberitahu atasan anda, "Saya tidak mengerti mengapa saya harus mendengarkan Anda," tetapi jika anda membungkuk, anda tidak perlu bicara cemikian-karena tubuh anda telah mengatakan itu untuk anda dengan keras dan jelas apabila anda membungkuk.

2. Gerakan berlebihan akan mengesankan anda sedang kacau atau mengingkari kebenaran. Cobalah mengontrol gerakan tangan anda dengan elegan untuk menunjukkan kepemimpinan dan kepercayaan diri.

3. Melihat jam saat berbicara dengan seseorang adalah tanda yang jelas bahwa anda tidak memiliki rasa sopan, tidak sabar, dan ego, Hal ini juga mengirimkan pesan seolah-olah anda memiliki hal-hal yang lebih baik untuk dilakukan daripada berbicara dengan orang yang anda ajak bicara, dan juga menandakan bahwa anda ingin meninggalkan dia/mereka.

4. Membalikkan badan anda dari lawan bicara, atau tidak menyimak percakapan, sikap ini menggambarkan bahwa anda tidak ingin terlibat, tidak tertarik, tidak nyaman, dan bahkan mungkin tidak percaya kepada orang yang berbicara.

Baca Juga: Ketika Ibn Abbas Berfatwa: Lihat Matanya!

5. Menyilangkan lengan ataupun kaki, jangan sekali-sekali anda melakukan hal ini apalagi ketika interview pekerjaan . Tegapkan tubuh dan taruh telapak tangan di paha anda, ini menunjukkan bahwa anda orang yang sabar dan bijaksana.

6. Inkonsistensi antara kata-kata dan ekspresi wajah anda menyebabkan orang merasakan bahwa sesuatu yang tidak benar dan mereka mulai menduga bahwa anda sedang mencoba untuk menipu mereka, bahkan jika mereka tidak tahu persis mengapa atau bagaimana.

7. Mengangguk berlebihan. Orang mungkin menganggap mengangguk secara berlebihan menunjukkan bahwa anda setuju atau memahami sesuatu yang benar-benar tidak anda ketahui. Tapi itu salah, karena apabila anda terlalu banyak menganggukkan kepala itu akan menggambarkan bahwa anda sedang dalam perasaan cemas.

8. Menyibukkan diri dengan memperbaiki rambut, hal ini menunjukkan bahwa anda sedang cemas, dan juga rang-orang akan menganggap anda sebagai orang yang terlalu memperhatikan fisik dan tidak peduli dengan karir yang sedang anda jalani.

9. Menghindari kontak mata akan menunjukkan bahwa anda memiliki sesuatu yang disembunyikan, dan yang membangkitkan kecurigaan lawan bicara. Kurangnya kontak mata juga dapat menunjukkan kurangnya kepercayaan dan kurangnya minat bahwa anda tidak pernah ingin berkomunikasi dalam lingkungan bisnis dsb.

10. Kontak mata yang terlalu intens dengan lawan bicara, apabila anda melakukan hal ini mungkin anda akan dianggap sebagai orang yang agresif dan juga lawan bicara akan berfikir bahwa anda berusaha untuk mendominasi pembicaraan.

11. Menggulirkan bola mata pada saat berkomunikasi adalah bukti kurangnya rasa hormat, bahkan anda juga tidak akan suka ketika lawan bicara anda menggulirkan bola matanya tepat pada saat berlangsungnya pembicaraan.

12. Cemberut, pastinya lawan bicara anda akan merasa tidak enak ketika anda cemberut, mereka bisa saja merasa bersalah dan merasa ada hal yang salah dengan gerakan atau ucapannya.

13. Terlalu dekat. Jika anda berdiri terlalu dekat dengan seseorang (perkiraan ukuran satu setengah kaki), ini menandakan bahwa anda tidak menghormati lawan bicara anda. Ini akan membuat orang tersebut sangat tidak nyaman ketika mereka beradaada di sekitar anda.

Cukup sekian artikel dari saya apabila ada tambahan lagi silahkan anda tulis di kolom komentar.

Dengan membaca artikel ini semoga bisa membantu anda menghindari kesalahan bahasa tubuh dan membantu anda membentuk hubungan yang lebih kuat, baik secara profesional maupun pribadi.

Terima kasih sudah mampir baca :)


EmoticonEmoticon